Motif Batik Sidoluhur


Mengandung makna keluhuran. Bagi orang Jawa, hidup memang untuk mencari keluhuran materi dan non materi. Keluhuran materi artinya bisa tercukupi segala kebutuhan ragawi dengan bekerja keras sesuai dengan jabatan, pangkat, derajat, maupun profesinya. Keluhuran materi yang diperoleh dengan cara yang benar, halal, dan sah tanpa melakukan kecurangan atau perbuatan yang tercela seperti korupsi, merampok, mencuri, dan sebagainya. Sebab walaupun secara materi merasa cukup atau bahkan berlebihan, namun jika harta materi itu diperoleh secara tidak benar, tidak halal, itu tidak bisa dikatakan bisa mencapai keluhuran secara materi. Keluhuran materi akan lebih bermakna lagi apabila harta yang dimiliki itu bermanfaat bagi orang lain dan bisa diberikan dalam berbagai bentuk seperti sumbangan, donasi, hibah, dan sebagainya. Sementara keluhuran budi, ucapan, dan tindakan adalah bentuk keluhuran non materi. Orang yang bisa dipercaya oleh orang lain, atau perkataannya sangat bermanfaat kepada orang lain tentu itu akan lebih baik daripada perkataannya tidak bisa dipegang orang lain dan tidak dipercaya orang lain. Orang yang sudah bisa dipercaya oleh orang lain adalah suatu bentuk keluhuran non materi. Orang Jawa sangat berharap hidupnya kelak dapat mencapai hidup yang penuh dengan nilai keluhuran.


Containing the meaning of nobleness. For the Javanese, life is to search for material and non material grandeur. Nobleness of material means it can be fulfilled all the requirements by working hard physical suitability for the position, rank, degree, or profession. Nobleness of material obtained in the right way, kosher, and without any fraud or illegal acts such disgraceful corruption, robbing, stealing, and so forth. Because even though the material was sufficient or even excessive, but if that material wealth is not properly obtained, is not kosher, it can not be said to achieve materially nobleness. Nobleness of material would be more meaningful if the property owned again is beneficial to others and can be given in various forms such as donations, donations, grants, and so forth. While virtue, speech, and action is non-material form of nobleness. People who can be trusted by others, or his words are very useful to others of course it would be better than his words could not be held by someone else and do not trust other people. People who can be trusted by others is a form of non-material grandeur. Javanese people really hope to achieve later life life is full of nobleness value.

Archive

 

Toko Batik Wahyu Tumurun Solo Indonesia | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates