Motif Batik Ceplok

Ceplokan adalah sekuntum, biasa dipergunakan untuk menyebut satuan bunga (misalnya: mawar seceplok artinya sekuntum bunga mawar). Berkaitan dengan motif geometris dalam lingkup satu kotak yang diistilahkan satu “raport” yang bisa diulang – ulang dan saling berhubungan. Pada jaman kerajaan Mataram Sultan Agung abad XVII hingga Mataram Kartasura abad XVIII, ada beberapa jenis motif ceplokan yg sudah berkembang dan digunakan dikalangan keraton serta masyarakat umum.




Makna motif Batik Ceplokan :
  • Bathik Ceplok Lung Slop. Bathik ceplok ini 1 raport terdiri dari dua kotak bermotif “Lung”, sedang kotak lain bermotif “Ukel”. Dikatakan lung slop artinya dedaunan yang dibingkai. Maknanya lung menggambarkan kehidupan didunia, bahwa hidup itu ada batasnya. Sedangkan makna bingkai adalah suatu tatanan yang harus dijalankan dalam bermasyarakat, tanpa memandang kedudukan. Motif ini muncul pada masa PB. IV, di Surakarta motif ini berawal dari perpaduan Lung dan Parang Klithik yang bernama “Ceplok Sriwedari”.
  • Bathik Ceplok Sriwedari. Prinsip; motif sriwedari sama dengan Lung Slop, hanya motif ukel diganti dengan isen – isen Parangan, jadi dalam satu raport kotak, satu bermotif Lung dan yang lain bermotif Parangan. Makna motif ini adalah melambangkan kesejukan dan ketentraman batin sekeluarga. Dan motif ini bisa dipakai untuk semua status golongan masyarakat dan untuk orang yang sudah berumah tangga.
  • Bathik Ceplok Rengganis. Rengganis kepanjangan dari Ireng manis (hitam manis), ada juga yang mengaitkan dengan nama Dewi Rengganis. Maknanya adalah suatu pengharapan, agar kehidupan diberi serba manis. Dalam kebudayaan Jawa disebut “lelampahan kang sarwa manis, eca sakecagesangipun” yang berarti diberi jalan hidup yang baik kecukupan segala sesuatunya serta, mempunyai kedudukan terhormat dalam masyarakat. Motif ini bisa dipakai untuk semua status golongan masyarakat dan digunakan untuk orang yang sudah berumah tangga.

Macam–macam bathik Ceplok :

  1. Ceplok Sobrah.
  2. CeplokMlathi Selangsang.
  3. Ceplok Cundhuk Wilis.
  4. Ceplok Nagasari.
  5. Ceplok Ereng–ereng.
  6. Ceplok Jamang.
  7. Ceplok Onang–onang.
  8. Ceplok Puspa Tanjung.
  9. Ceplok Sridenta.
  10. Ceplok Angin–angin.
  11. Ceplok Tunjung Karoban.
  12. Ceplok Cara Gelar.
  13. Ceplok Udan Mas.
  14. Ceplok Madusumirat.


Ceplokan is a flower, commonly used to refer to units of interest (eg: roses rose flower seceplok means).
In connection with geometric motifs within the scope of one box is termed a "report cards" that can be repeated - again and interconnected. At the time of the kingdom of Mataram Sultan Agung of Mataram Kartasura seventeenth century until the eighteenth century, there are several types of motifs ceplokan who has developed and used among the palace and the general public.

Meaning of
Ceplok motive Batik :

*Lung Ceplok Bathik Slop.
This fried Bathik a raport consists of two box-patterned "Lung", was another box-patterned "Ukel". It said lung means foliage framed slop. Its meaning lung describe life on earth, that life is finite. While the meaning of the frame is an institution that must be executed within a society, regardless of position. This motif appears in the New Testament. IV, in Surakarta motif originated from the fusion Lung and Parang Klithik named "Ceplok Sriwedari".

*Bathik Ceplok Sriwedari.
Principle; Sriwedari same motif with Lung Slop, only ukel motif replaced by isen - isen Parangan, so the report cards in one box, one patterned and the other patterned Lung Parangan.
The meaning of this motif is symbolizes the coolness and inner peace as a family. And this motif can be used for all segments of society status and for people who are already married.

*Bathik Ceplok Rengganis.
Rengganis stands Ireng sweet (sweet black), there is also an associate with the name of the Goddess Rengganis.
Its meaning is a hope, life to be all sweet. In Javanese culture is called "sweet sarwa lelampahan kang, ECA sakecagesangipun" which means that given a sufficient way of life that good things as well, has a respectable position in society. This motif can be used for all segments of society status and is used for people who are already married.

Various kinds of bathik Ceplok:

1. Ceplok Sobrah.
2.CeplokMlathi Selangsang.
3.Ceplok Cundhuk Wilis.
4.Ceplok nagasari.
5.Ceplok-leaning leaning.
6.Ceplok Jamang.
7.Ceplok Onang-onang.
8.Puspa Ceplok Cape.
9.Ceplok Sridenta.
10. Ceplok wind-wind.
11.Tunjung Ceplok Karoban.
12.How Ceplok degree.
13.Ceplok Udan Mas.
14.Ceplok Madusumirat.

Archive

 

Toko Batik Wahyu Tumurun Solo Indonesia | Creative Commons Attribution- Noncommercial License | Dandy Dandilion Designed by Simply Fabulous Blogger Templates